Selasa, 21 Juli 2020

Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan sebagai suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha dan kerja). Kewirausahaan adalah kegiatan yang dilakukan oleh wirausahawan, dimana pengertian wirausahawan adalah "pemilik atau pengatur sebuah usaha yang mungkin menginvestasikan uangnya melalui jalan manajemen risiko dan inovasi”. Kewirausahaan adalah proses merancang meluncurkan dan menjalankan usaha yang dijalankan biasanya berupa usaha kecil dan usaha rintisan. Orang yang menjalankan kegiatan kewirausahaan dinamakan dengan wirausahawan.
Dalam penelitiannya R.A Sharma menggolongkan faktor-faktor yang memotivasi seseorang agar dia menjadi seorang wirausahawan, yaitu:
1.Faktor internal meliputi
a)      untuk melakukan sesuatu yang baru
b)      latar belakang pendidikan
c)       pengalaman atau pekerjaan di masa lampau
2.faktor eksternal meliputi
a)      dukungan pemerintah
b)      ketersediaan pegawai dan bahan mentah
c)      adanya dorongan dari perusahaan lain yang lebih besar
d)     adanya permintaan yang menjadikan atas produk tertentu.

Berikut beberapa definisi tentang kewirausahaan yang dikemukakan para ahli ;
1.richard cantillon mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu
2.Penrose menyatakan bahwa kegiatan kewirausahaan mencakup identifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi
3.Harvey leibenstein, kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas atau komponen fungsi produksi yang telah diketahui sebelumnya.
4.Proker drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda titik orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan.
5.Jean baptista say, seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.

wirausaha adalah kepribadian unggul yang mencerminkan budi yang luhur dan suatu sifat yang patut diteladani karena atas dasar kemampuannya sendiri dapat melahirkan suatu sumbangsih dan karya untuk kemajuan kemanusiaan yang berlandaskan kebenaran dan kebaikan. secara umum ada tahapan-tahapan dalam melakukan wirausaha sebagai berikut.
1. tahap memulai, di mana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dengan melihat peluang usaha baru yang mungkin apakah membuka usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan transaksi juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan apakah di bidang pertanian, industri, produk atau jasa.
2.tahap melaksanakan usaha atau diringkas dengan tahap “jalan ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya mencakup aspek-aspek (sdm, kepemilikan, organisasi kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil risiko dan mengambil keputusan pemasaran dan melakukan evaluasi)
3.mempertahankan usaha, tahap dimana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi.
4.mengembangkan usaha, dimana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil.

Menurut Ir. Ciputra ada 3 tipe wirausahawan dalam berwirausaha yaitu :
1.necessity entrepreneurs menjadi wirausaha karena terpaksa dan karena didesakkan kebutuhan hidup. Wirausaha seperti ini biasanya karena mereka tidak memiliki pekerjaan yang akhirnya mereka memilih untuk berwirausaha.
2.Replicative entrepreneur sehingga rawan terhadap persaingan dan kejatuhan ketika usaha bisnis warnet sudah menjamur kemudian menurun mendirikan usaha warnet.
3.inovatif entrepreneurs usaha inovatif yang berpikir kreatif dalam melihat peluang ketik wirausaha tipe ini merupakan tipe wirausaha yang ditambahkan semua orang tapi untuk menjadi wirausahawan seperti ini harus dibekali kemampuan dan pengetahuan yang luas.

Kewirausahaan dalam bidang komputer, di zaman teknologi seperti sekarang ini komputer bukanlah benda yang asing bagi kita masyarakat indonesia selain itu, perkembangan komputer juga sangat pesat karena tiap tahun atau bahkan tiap bulan selalu saja ada perangkat komputer baru balik dari perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunak (software).
Karakteristik wirausahawan yang disarikan dari berbagai sumber
1.memiliki kreativitas tinggi
2.selalu komitmen dalam pekerjaan memiliki etos kerja dan tanggung jawab
3.mandiri atau tidak ketergantungan
4.berani menghadapi resiko
5.motif berprestasi tinggi
6.selalu perspektif, yaitu seorang wirausahawan hendaknya seorang yang mampu menatap masa depan dengan lebih optmis
7.memiliki perilaku inovatif
8.selalu mencari peluang
9.memiliki jiwa kepemimpinan
10.memiliki kemampuan manajerial
11.memiliki keterampilan personal

Dalam Breadstreet bussiness credit service terdapat 10 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, sebagai berikut:
1.Knowing your business, yaitu mengetahui usaha apa yang akan dilakukan dengan kata lain seorang wirausahawan harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan dilakukan
2.Knowing the basic business management,manajemen yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis misalnya cara merancang usaha, mengorganisasi dan mengendalikan perusahaan termasuk dapat memperhitungkan memprediksi administrasi dan membukukan kegiatan kegiatan usaha mengetahui management system berarti memahami proses pengelolaan semua sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien.
3.Having the proper attitude, yaitu memiliki sikap yang sempurna terhadap usaha yang dilakukannya. Dia harus bersikap seperti pedagang industriawan, pengusaha eksekutif yang sungguh-sungguh dan tidak setengah hati.
4.Having adequate capital, yaitu memiliki modal yang cukup mudah tidaknya membentuk materi tetapi juga rohani kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha. Oleh karena itu harus cukup waktu, cukup uang, cukup tenaga, tempat, dan mental.
5.Managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan/mengelola keungana, secara efektif dan efisien, mencari sumber dan dan menggunakannya secara tepat, dan mengendalikannya secara akurat.
6.Managing time effectively, yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
7.Managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan agar/memotivasi dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
8.Statisfying customer by providing high quality product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, bermanfaat dan memuaskan.
9.Knowing How to complete, yaitu mengetahui strategi/cara bersaing. wirausaha harus dapat mengungkap kekuatan (strength), kelemahan (weakness,) peluang (opportunity) dan ancaman (threat) dirinya dan pesaing. Dia harus menggunakan analisis SWOT sebaik terhadap dirinya dan terhadap pesaingnya
10.Copying with regulation and paper work, yaitu membuat aturan/pedoman yang jelas tersurat, tidak tersirat.

Adapun pengetahuan yang harus dimiliki oleh wirausaha :

1.pengetahuan mengenai usah yang harus ditekuni/dirintis dan lingkungan usaha yang ada

2.pengetahuan tentang eran dan tanggung jawab

3.pengetahuan tentang manajemen dan organisasi bisnis

Adapun keterampilan yang harus dimiliki wirausaha :

1.keterampilan konseptual dalam mengatur stratefi dan memperhitungkan risiko

2.keterampilan kreatif dalam menciptakan nilai tambah

3.keterampilan dalam memimpin dan mengelola

4.keterampilan berkomunikasi dan berinteraksi

5.keterampilan teknik usaha yang akan dilakukan

Adapun kemampuan seseorang yang harus dimiliki dalam kewirausahaan :

1.kemampuan merumuskan tujuan hidup/usaha diperlukan adanya perenungna dan koreks, yang kemudian dibaca dan diamati berulang-ulang sampai dipahami apa yang menjadi kemauannya.

2.kemampuan motivasi diri untuk melahirkan suatu tekad kemauan yang besar

3.kemampuan berinisiatif mengerjakan sesuatu yang baik tanpa menunggu perintah orang lain

4.kemampuan berinovasi melahirkan kreativitas (daya cipta)

5.kemampuan membentuk material, social dan intelektual

6.kemampuan mengatur waktu dan membiasakan diri untuk tepat waktu dalam segala tindakan melalui kebiasaan dan tidak menunda pekerjaan

7.kemampuan mental yang dilandasi agama

8.kemampuan membiasakan diri dalam mengambil hikmah dari pengalaman yang baik maupun menyakitkan

Terdapat faktor-faktor yang dapat membawa wirausahawa berhasil :

1.bersikap jujur dan berani, seorang wirausahawan perlu bersikap berani mengambil resiko terhadap bisnis yang akan dijalankannya

2.pandangan strategic, wirausahawan perlu mempunyai pandangan untuk masa depan

3.leaderhsip, seorangan wirausah yang baik adalah yang dapat memberikan panduan dan inspirasi bagi para karyawannya

Faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usaha barunya :

1.tidak kompoten dalam manajerial

2.kurang berpengalaman baik dalam kemampuan mengoordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan

3.kurang dapat mengendalikan keuangan

4.gagal dalam perencanaan

5.lokasi yang kurang memadai

6.sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar